Zokeren's Blog

Just another WordPress.com weblog

kepribadian dan gaya hidup mempengaruhi perilaku konsumen January 31, 2011

Filed under: perilaku konsumen — zokeren @ 6:15 am

KEPRIBADIAN dan GAYA HIDUP MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN

* Survey yang dilakukan Synovate

Penelitian tentang gaya hidup konsumen pernah dilakukan Lembaga riset pemasaran Synovate periode Agustus-September 2004. Kelima kelompok ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda :

* Kelompok aspirational, merupakan kelompok remeja yang senang bergaul dan menjadi bagian dari suatu kelompok. Tergantung dalam kelompok ini banyak menghabiskan waktu diluar rumah, karenanya selalu berusaha tampil menarik.
* Kelompok conformist yang cenderung tidak peduli. Kelompok ini kebanyakan tinggal bersama orang tua diperkotaan dan umumnya bergaul cukup dekat dengan lawan jenisnya.
* Kelompok conservative yang menganggap pendapat masyarakat merupakan hal yang penting. Karenanya memiliki perhatian besar terhadap sesama dan suka berbagai.
* Kelompok nesters yang memiliki karakter berbeda dari conservative. Kelompok ini lebih banyak berkumpul dengan keluarga, sehingga cenderung tidak mengenal dunia luar.
* Kelompok funksters yang umumnya terdiri dari kelompok remeja dari kalangan thd haves.
o Survey yang dilakukan Lowe Indonesia

Beberapa pengalaman menggarap segmen psikografis yang ditemukan dalam survei Lowe Indonesia :

1. Tipe Bapak Baik-baik (Confident Establish)

Tipe psikografis ini dapat dikatakan sebagai sosok bapak ideal. Kelompok segmen ini harus disadari hidupnya sederhana, tidak aneh-aneh. Orientasinya dalam hidup untuk keluarga dan kerja, dan biasanya hasil jerih payah kerjanya langsung diserahkan ke istri.

1. Tipe Ibu-Ibu PKK (Optimistic Domestic Goddess)

Kelompok segmen The Optimistic Domestic Goddess terdiri dari kaum perempuan. Karakteristiknya hampir sama dengan tipe konsumen pertama, hanya berbeda gendernya. Kelompok segmen ini lebih suka melihat iklan yang merefleksikan diri sendiri, bukan pada kecantikan diri, pada emosi yang mendekatkan diri pada keluarga, agama, dan cinta.

1. Tipe Demi Teman (Change-Expectant Lad)

Satu-satunya media yang paling efektif adalah komunitas karena dapat mengaktualisasikan diri serta menunjukkan nilai yang berbeda dengan orang lain dengan komunitas yang berbeda.

1. Tipe Lembut Hati (Cheerful Humanist)

Kebanyakan terdiri dari wanita yang tinggal di desa dan tidak terlalu kaya. Nilai yang kedepankan ialah cinta, keharmonisann dan damai. Kelompok ini melihat orang lain dengan penuh persahabatan.

1. Tipe Pasrah (Introvert Wallflower)

Banyak pemasar sinis terhadap segmen ini karena karakternya yang pasrah serta latar pendidikan dan tingkat sosial ekonominya yang rendah. Konsumen jenis ini juga punya kebutuhan yang tak beda jauh dari segmen lain, apalagi terkait dengan kebutuhan primer dan sekunder.

1. Tipe Main Untung Menang (The Savvy Conqueror)

Kelompok ini mempunyai semangat tinggi meraih kejayaan dalam kompetisi, bukan demi uang, tetapi karena tantangan. Kelompok ini membutuhkan produk yang mendukung citra.

1. Tipe Gaul-Glam (Networking Peasre Seeker)

Segmen ini sangat menikmati pergaulan dan meyakini bahwa bergaul dan membangun jejaring merupakan investasi untuk masa depan. Sangat mengedepankan uang daripada keberhasilan atau kebersamaan.

1. Tipe Bintang Panggung (Spontaneous Fun-Loving)

Kelompok ini suka bergaul, kumpul-kumpul, bercerita, bersuka ria, dan suka menonton serta berbelanja.

Kesimpulan : Untuk mengetahui gaya hidup konsumen dapat dipergunakan pengukuran psikografis yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menilai gaya hidup pasar sasaran. Gaya hidup konsumen dapat berubah karena perubahan lingkungan sosial, oleh karena itu penelitian terhadap gaya hidup konsumen dari waktu ke waktu sangat penting untuk dilakukan.

Referensi : Suryani, Tatik (2008). Perilaku Konsumen ; Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s